Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kamera Mobil

Memasang kamera pada bagian dashboard mobil atau yang lebih jauh dikenal dengan dash cam, akhir-akhir ini mulai dipertimbangkan oleh para pecinta mobil. Selain karena faktor keamanan, ada pula yang sengaja memasangnya untuk merekam keadaan jalanan yang dilalui. Nah, jika Anda berniat membeli kamera mobil, perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

  1. Pastikan Dash Cam Memiliki Fitur Standar

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli dash cam adalah memeriksa kembali fitur-fitur standar seperti continuous loop, emergency recording dan G-force. Sensor G-Force yang terdapat pada dash cam akan memberikan stimulasi pada kamera untuk segera melakukan emergency recording saat mobil mengalami tabrakan atau guncangan.

Fitur continuous loop juga sangat berguna karena akan menghapus otomatis rekaman awal saat kapasitas penyimpanan kamera sudah penuh. Fitur lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah ADAS (Advance Driver Assist System) yang akan memberikan alarm peringatan saat jarak mobil terlalu dekat dengan mobil di depan atau adanya pergantian jalur.

  1. Perhatikan Kualitas Gambar yang Diambil

Bagi Anda yang ingin memasang kamera mobil baik untuk tujuan keamanan maupun adventure, pemilihan kamera dengan kualitas pengambilan gambar yang baik sangatlah diperlukan. Dash cam dengan kualitas baik setidaknya memiliki resolusi video sebesar 720 fps sehingga memudahkan Anda melihat jarak jauh lewat kamera dengan jernih dan tanp gangguan.

Tidak hanya kualitas pengambilan gambar saat siang hari, Anda juga perlu memerhatikan kualitas gambar yang diambil saat malam hari. Meski biasanya dash cam sudah dibekali dengan lensa wide yang dapat merekam gambar dengan sudut yang lebar, fitur high dynamic range yang berfungsi untuk merekam gambar dalam keadaan minim cahaya tetap dibutuhkan.

  1. Pilih Ukuran Kamera yang Tepat

Biasanya dash cam yang dipasang pada bagian dashboard mobil diposisikan di belakang spion tengah sehingga dapat menangkap gambar dengan sudut yang luas. Anda bisa memilih kamera dengan bentuk silinder atau kotak biasa yang hampir mirip dengan action cam untuk posisi depan mobil. Sedangkan pada bagian belakang, Anda bisa memilih kamera dengan desain standar.

Pilihlah dash cam dengan ukuran yang proporsional untuk kendaraan Anda. Jangan sampai terlalu mencolok karena bisa jadi bukannya mengamankan, namun keberadaan dash cam justru memicu tindak pencurian pada mobil Anda. Dash cam yang diposisikan pada bagian depan jangan sampai menghalangi pandangan pengendara saat mengemudi.

  1. Kapasitas Penyimpanan

Faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih dash cam adalah kapasitas penyimpanan dari kamera itu sendiri. Tidak seperti jenis kamera lainnya yang menggunakan memori internal, dash cam pada umumnya menggunakan memori eksternal dengan kapasitas yang cukup besar.

Jika umumnya Anda berkendara selama 6 sampai 8 jam per harinya, pilihlah kamera dengan kapasitas penyimpanan minimal 32 GB. Kapasitas penyimpanan ini juga berpengaruh pada fitur continuous loop pada kamera. Pastikan kapasitas penyimpanan dash cam Anda mencukupi sebelum memulai perjalanan jauh.

  1. Perhatikan Fitur Tambahan pada Dash Cam

Selain fitur-fitur standar di atas, Anda dapat mempertimbangkan beberapa fitur tambahan seperti fitur GPS pada kamera yang dapat merekam kecepatan dan titik koordinat saat perekaman berlangsung. Anda juga bisa mempertimbangkan dash cam dengan sensor gerakan yang akan menjaga mobil Anda tetap pada jarak aman.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih kamera mobil. Penggunaan car dashboard camera ini sangat menguntungkan Anda dari segi keamanan berkendara apalagi jika Anda sering bepergian. Berbagai macam model dan merek dash cam bisa Anda temukan di blibli.com. Dapatkan berbagai penawaran menarik dalam setiap transaksinya.